Senin, 28 Desember 2015

KRITIK SENI RUPA : LUKISAN BUNGA MATAHARI

KRITIK SENI RUPA



JUDUL : BUNGA MATAHARI
PELUKIS : AFFANDI
TAHUN : 1997
MEDIA : CAT MINYAK PADA KANVAS
UKURAN : 90 X 140 Cm


Lukisan yang berjudul “Bunga Matahari” ini dibuat pada tahun 1997 oleh Affandi dengan media Cat minyak pada kanvas, yang berukuran 90 x 40 cm. Pada Lukisan karya Affandi yang berjudul bunga matahari ini relatif menggunakan warna yang agak gelap, yaitu kuning kecoklatan  dan jingga yang bercampur cokelat tua pada bunga matahari, kemudian warna cokelat tua pada tangkai,  dan hijau hijau tua pada daun. Selain itu, pada lukisan diatas juga terdapat warna kuning dan cokelat tua pada latar belakang lukisan itu.
Lukisan bunga matahari diatas yang dilukis oleh Affandi tentunya menggunakan goresan yang ekspresif, karena ciri khas dari Affandi sendiri adalah goresannya yang sangat ekspresif. Pada lukisan bunga lainnya yang dilukis oleh seniman lain mungkin akan dibuat sangat detail dan indah oleh pelukisnya, namun tidak pada lukisan yang dilukis oleh affandi diatas. Lukisan tersebut sangat ekspresif karena affandi dalam melukiskannya tidak menggunakan kuas, melainkan menggunakan tube cat minyak yang langsung dituangkan diatas kanvas. Bunga matahari dalam lukisan diatas terlihat indah dengan perpaduan warna kuning, jingga dan cokelat tua, dan dilukis sangat ekspresif menambah rasa dalam lukisan tersebut, atau bisa disebut tidak monoton seperti lukisan realistis pada umumnya.
Dalam lukisan diatas, affandi ingin melukisakan keindahan bunga matahari dengan mengguankan gayanya sendiri yaitu ekspresionis.
Dalam lukisan diatas, Affandi sebagai seniman, dalam melukiskan bunga matahari sangat eskpresionis, hal ini juga menambah keindahan dan keunikan dan juga terdapat rasa yang terdapat dalam lukisan tersebut yang hanya dimiliki karya affandi. 


2 komentar: